Quiz 2 Oleh Abi Yoga Pangestu

 SOAL

  1. Apa yang dimaksud dengan powersim?
  2. Powersim digunakan untuk?
  3. Contoh-contoh perangkat lunak powersim?
  4. Apa yang dimaksud dengan stock flow diagram dalam powersim?
  5. Stock digabungkan dengan rate atau flow sebagai?
  6. Apa yang dimaksud dengan sistem dinamik?
  7. Apa yang dimaksud dengan tujuan definisi “Jay Foresster”?
  8. Apa yang dimaksud dengan simulasi?
  9. Sebutkan tujuan sistem dinamik?
  10. Sebutkan software simulasi dalam program komputer?
  11. Apa yang dimaksud dengan diagram simpal kausal?
  12. Sebutkan 4 sub sistem diagram simpal kausal?
  13. Jumlah penduduk dipengaruhi pula oleh imigrasi dan emigrasi. Emigrasi penduduk terjadi karena?
  14. Sub Model Konsumen Rumah Tangga (ikan) dibangun dari?
  15. Pengertian rate konsumen adalah?
  16. Jumlah penduduk sub model sdm dipengaruhi oleh?
  17. Sistem dinamis dapat disimulasikan dengan berbagai jenis software yaitu?
  18. Jelaskan yang dimaksud dengan fungsi perangkat lunak dalam simulasi sistem dinamik?
  19. Sebuah perangkat lunak yang dapat mengolah operasi matematis jenis spreadsheet adalah?
  20. Jelaskan struktur sub model konsumen rumah tangga?
Jawaban
  1. Powersim adalah salah satu software untuk simulasi model sistem dinamis. Jadi, Powersim hanyalah merupakan alat tool untuk mempermudah simulasi model sistem dinamis. Perlu ditegaskan di sini bahwa menggunakan software Powersim tidak berarti dengan sendirinya menggunakan metodologi sistem dinamis.
  2. Powersim digunakan untuk membangun dan melakukan simulasi suatu model dinamik. Suatu model dinamik adalah kumpulan dari variabel-variabel yang saling mempengaruhi antara satu dengan lainnya dalam suatu kurun waktu.
  3. Ada berbagai macam perangkat lunak yang dapat digunakan untuk keperluan ini, seperti Vensim, Dynamo, Ithink, Stella dan Power Simulation. Masing-masing software ini mempunyai versi yang beragam, sesuai dengan perkembangannya.
  4. Pada perangkat lunak Powersim, suatu sistem yang menggambarkan hubungan antara variabel-variabel itu dinamakan stock flow diagram. Stock adalah akumulasi atas pengumpulan dan karakteristik keadaan sistem dan pembangkit informasi di mana aksi keputusan didasarkan padanya.
  5. Model yang dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Powersim berbentuk simbol-simbol dan perkembangan selanjutnya, simulasi dengan menggunakan perangkat lunak ini banyak dipakai dalam bidang-bidang komersial, industri, manajemen dan riset.
  6. Sistem dinamik adalah suatu metode yang digunakan untuk mendeskripsikan, memodelkan, dan mensimulasikan suatu sistem yang dinamis (dari waktu ke waktu terus berubah). Didalam sistem dinamik diajarkan bagaimana berpikir secara sistem. Artinya adalah dalam menyelesaikan suatu masalah tidak dilihat pada satu pokok bagian saja, tetapi dilihat semua pengaruhnya terhadap semua yang berhubungan dengan masalah tersebut.
  7. Jay Forrester mendefinisikan Sistem dinamika adalah pendekatan untuk memahami perilaku sistem yang komplek dari waktu ke waktu. Ini berkaitan dengan umpan balik internal dan waktu tunda yang mempengaruhi perilaku seluruh sistem. Selain itu Miftahol Arifin juga mendefinisikan Metode sistem dinamis adalah metode pendekatan eksperimental yang mendasari pengamatan kenyataan untuk memahami tingkah laku sistem.
  8. Simulasi adalah aktivitas di mana pengkaji dapat menarik kesimpulan tentang perilaku dari suatu sistem melalui penelaahan perilaku model yang selaras, di mana hubungan sebab akibatnya sama dengan atau seperti yang ada pada sistem sebenarnya (Eriyatno 1998).pan dalam pendekatan sistem dinamik adalah :
  9. Tujuan Sistem Dinamik :
    • Mengatasi permasalahan manajemen yang umum seperti fluktuasi inventori, ketidakstabilan tenaga kerja, penurunan bangsa pasar suatu perusahaan dan lain-lain.
    • Sebagai pendukung keputusan dalam merancang kebijakan-kebijakan yang efektif.
    • Untuk mengetahui perilaku sistem nyata yang kompleks.
  10. Simulasi juga dilakukan dengan menggunakan bahasa program dalam beberapa software program komputer yang dirancang untuk kebutuhan simulasi seperti Dynamo, AutoMod II, ProModel, Simfactory II.5, Witness, XCELL+, Powersim, Stella dan lain-lain.
  11. Diagram simpal kausal adalah pengungkapan tentang kejadian hubungan sebab-akibat (causal relationship) ke dalam bahasa gambar berupa gambar panah yang saling mengait, sehingga membentuk sebuah diagram simpal (causal loop) dimana hulu panah mengungkapkan sebab dan ujung panah mengungkapkan akibat (Muhammadi dkk, 2003). Berdasarkan jurnal (Kholil M., 2007) dapat dipelajari penggunaan diagram Simpal Kausal untuk menghubungkan antara variabelvariabel yang membentuk model dalam sistem perikanan. Dasar pembuatan model mental yang direpresentasikan dalam bentuk diagram simpal kausal ini adalah kondisi nyata keadaan perikanan yang ada di Kabupaten Konawe Selatan.
  12. 4 sub sistem diagram simpel kausal, yaitu :
    • Sub Sistem Pasar
    • Sub Sistem Konsumsi
    • Sub Sistem Jumlah Tangkapan
    • Sub Sistem SDM
  13. Jumlah penduduk dipengaruhi pula oleh imigrasi dan emigrasi. Emigrasi penduduk terjadi karena, kesulitan mendapatkan penghasilan yang layak. Selain Emigrasi adapula penduduk yang datang dan menetap Kabupaten Konawea Selatan. Karena merupakan Kota Kabupaten baru banyak pekerja pendatang yang menetap dan menjadi penduduk permanen di wilayah ini.
  14. Sub Model Konsumen Rumah Tangga (ikan) dibangun, dari Stock Konsumen Rumah Tangga yang jumlahnya dipengaruhi oleh aliran atau Flow laju konsumen RT yang besarnya tergantung dari jumlah Rumah Tangga, dan harga ikan.
  15. Sub sistem populasi penduduk menggambarkan jumlah penduduk di Kabupaten Konawea Selatan yang lahir dan meninggal. Untuk memudahkan perhitungan sub model ini menggunakan, data langsung yang terdiri dari rata-rata bertambahnya kelahiran dan kematian per tahun atau disebut sebagai fraksi kelahiran dan kematian.
  16. Imigrasi dan emigrasi
  17. Sistem dinamis dapat disimulasikan dengan berbagai jenis software yaitu, termasuk dengan software spreadsheet, misalnya Excel.
  18. Perangkat lunak dalam pemodelan sistem dinamik tersebut merupakan alat bantu yang dapat memudahkan pemodel dalam menerjemahkan bahasa causal loop diagram ke dalam stock flow diagram. Pembuatan model dinamika sistem umumnya dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak yang memang dirancang khusus. Perangkat lunak tersebut seperti Powersim, Vensim, Stella, dan Dynamo. Dengan perangkat lunak tersebut model dibuat secara grafis dengan simbol-simbol atas variabel dan hubungannya. Namun demikian tidak menutup kemungkinan sebuah perangkat lunak yang dapat mengolah operasi matematis jenis spreadsheet seperti Microsoft Excel atau Lotus juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pembuatan model system dinamis.
  19. perangkat lunak yang dapat mengolah operasi matematis jenis spreadsheet seperti Microsoft Excel atau Lotus juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pembuatan model system dinamis.
  20. Harga ikan bertambah maka laju konsumen bertambah.
QUIZ ini dibuat sebagai tugas kuliah  sebagaimana yang tertuang dalam https://onlinelearning.uhamka.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berita Uhamka Oleh Abi Yoga Pangestu

Tugas 1 Pemodelan dan Simulasi 7C oleh Abi Yoga pangestu (1903015096)

SIMULASI DAN PEMODELAN oleh Abi Yoga Pangestu